Israel vs Palestina: Siapa yang Benar?

38 000 Ditonton 677 rb

Ibarat kakak-beradik yang berantem, saat ini ada dua bangsa yang lagi rebut-rebutan. Iya, mereka adalah Israel dan Palestina. Tapi, bukannya ngerebutin mobil-mobilan, mereka ngerebutin sesuatu yang lebih besar: sebuah wilayah di timur tengah. Banyak pihak yang akhirnya jadi ngambil sisi, baik itu ngedukung Israel, atau ngebela Palestina. Mungkin, kalian juga begitu. Tapi mungkin pertanyaan terbesarnya adalah... siapa sih pihak yang benar? Enjoy the video!

---

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

---

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

---

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: kokbisachannel
Instagram: kokbisa
Line: bit.ly/linekokbisa
Twitter: kokbisachannel

---

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

---

References:
Rivlin, P. (2010). The Israeli Economy from the Foundation of the State through the 21st Century. Cambridge University Press.
www.un.org/press/en/2021/sc14...
www.jstor.org/stable/163415?s...
scihub.do/10.2307/163415
www.britannica.com/biography/...
www.vox.com/2018/11/20/180800...
encyclopedia.ushmm.org/conten...
www.huffpost.com/entry/stone-...
www.britannica.com/place/Isra...
digitallibrary.un.org/record/...
www.btselem.org/statistics/fi...
israelipalestinian.procon.org...
present/
www.pbs.org/wnet/women-war-an...
www.history.com/topics/middle...
www.palestinianbasiclaw.org/b...
www.aljazeera.com/features/20...
en.wikipedia.org/wiki/Israeli...
www.aljazeera.com/news/2021/5...
www.ecoi.net/en/countries/sta...
core.ac.uk/download/pdf/21060...
www.nationalarchives.gov.uk/pa...
nzhistory.govt.nz/media/photo...
www.bbc.com/indonesia/dunia-5...
www.youtube.com/watch?v=iRYZj...
www.youtube.com/watch?v=E0uLb...
www.youtube.com/watch?v=1wo2T...

---
Credits:
- Kevin MacLeod for awesome music
- Tiffani Angelica, for this episode's end narrator ( tiffaniangelica)
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!

Komentar

  1. Kok Bisa?
    Kok Bisa?
    Bulan Yang lalu

    Menurut kalian, apa solusi terbaik untuk masalah ini? Komen di bawah!

    1. Mike
      Mike
      Hari Yang lalu

      Nuklir tanah Levant

    2. roci rentama
      roci rentama
      28 hari yang lalu

      habisi Israel!

    3. Boby Caniago
      Boby Caniago
      Bulan Yang lalu

      YOU FEEL WIN IT WON'T LONG, WE WILL WIN, INSHA ALLAH, WE WILL DESTROY ISRAEL ONCE AGAIN 😡😡😡😡

    4. m. umar faruq
      m. umar faruq
      Bulan Yang lalu

      Min siapa yang lebih dulu, asia atau eropa

    5. Giriboy
      Giriboy
      Bulan Yang lalu

      Suit

  2. DING
    DING
    4 jam yang lalu

    prioritas no1 adalah perdamaian.. kalau dunia damai gimana dong nasib pabrik² yang membuat alusista dan senjata pemusnah melanjutkan hidup..

  3. Ryuzaki
    Ryuzaki
    12 jam yang lalu

    Masih menjadi misteri kenapa ada pertikaian walau jenis makhluk yang sama . Gak cuman manusia, dari tikus hingga gajah pun pernah

  4. BODAT !
    BODAT !
    12 jam yang lalu

    Jerusalem punya israel

  5. ❌
    23 jam yang lalu

    Yg benar palestin Ahir zaman jangan kan Israel kapir aja mau tak mau suka gak suka semua manusia di dunia ini ber agama Islam itu lah janji Allah

  6. Muhammad Farhan
    Muhammad Farhan
    Hari Yang lalu

    Betul penjajahan harus dihapuskan, sedangkan Palestina adalah negara peserta konferensi yg belum merdeka. Maka dari itu, penjajahan & pendudukan Israel harus dihapuskan & dihentikan juga

  7. Muhammad Farhan
    Muhammad Farhan
    Hari Yang lalu

    palestina yg benar, asal anda tau umat Yahudi hidup damai dibawah kekhilafahan Turki Utsmaniyah . Silahkan orang Israel ingin mendirikan negara, tapi jangan merebut wilayah orang lain

  8. Ruhani Hani
    Ruhani Hani
    Hari Yang lalu

    🇮🇱👎 🇵🇸👍

  9. Muhammad Pasha
    Muhammad Pasha
    Hari Yang lalu

    Bagaimana kalo wilayah itu dikosongkan saja? Gak usah ada yg tempatin, aktivitas disitu, dll.

  10. Aqilex_
    Aqilex_
    2 hari yang lalu

    gk bisa bang kalo damai katanya kiamat

  11. Arganta Raga Manggala
    Arganta Raga Manggala
    2 hari yang lalu

    Aku pilih palestina

  12. Taaahkun XD
    Taaahkun XD
    2 hari yang lalu

    3:35 gws

  13. ibaadiboy
    ibaadiboy
    2 hari yang lalu

    palestina lah

  14. Arip Saripudin
    Arip Saripudin
    3 hari yang lalu

    YA ALLAH NEGARA ISRYA ALLAH SEMOGA ISRAEL LANGSUNG HILANG NEGARANYA AMIN YES YES YES AKHIRAEL NEGARANYA HILANG

    1. Sky Rahmad
      Sky Rahmad
      Hari Yang lalu

      WW3/Perang dunia

    2. Sky Rahmad
      Sky Rahmad
      Hari Yang lalu

      hilang israel = WW3

  15. Diah Retno rona
    Diah Retno rona
    3 hari yang lalu

    Gua Pilih 🇵🇸❤🇮🇩

  16. `•Jennifer Estella•`
    `•Jennifer Estella•`
    3 hari yang lalu

    Penasaran aja sama komennya, ada yg jahat gak🗿✨

  17. Mika Oktafriya
    Mika Oktafriya
    3 hari yang lalu

    Palestina🤩😍😍😍😍😍👍🤩🤩🤩😍😍🤩🤩🤩👍👍👍👍👍🤩😎

  18. dira dira
    dira dira
    3 hari yang lalu

    Beneran sumpahh.. aku pengen marahin israel Kalo mereka licik, serakah, pelit, rakus, jahat dan lain sebagainya

  19. king of Fox ملك الثعالب
    king of Fox ملك الثعالب
    4 hari yang lalu

    العرب يثبتو وجودهم

  20. king of Fox ملك الثعالب
    king of Fox ملك الثعالب
    4 hari yang lalu

    I do not know how to sp English because I am Arabic +I'm plstine

  21. Yudha Sakti
    Yudha Sakti
    4 hari yang lalu

    Channel-nya masih kurang sumber, Israel awalnya dari Mana dan mengapa mereka mempertahankan Yerusalem, lihat Bible 👍👍👍

  22. Muhammad Fairuz Nabil
    Muhammad Fairuz Nabil
    4 hari yang lalu

    israel adalah bangsa yang terusir dan tidak punya tanah, pada akhir perang dunia 2 israel bertamu ke palestina, tapi lama kelamaan mereka bangsa israel menjajah palestina.

  23. Bintang Rigel
    Bintang Rigel
    4 hari yang lalu

    Gw pengennya Palestina dan Israel bersatu seperti Austri-Hungary sebelum bubar wktu ww1. Kan enak klw begitu. Klw masalah bendera jg, sama seperti Austri-Hungary Di gabungin jati satu

  24. faku gaming
    faku gaming
    5 hari yang lalu

    #BeraniBertanya asal usul mata uang rupiah

  25. faku gaming
    faku gaming
    5 hari yang lalu

    #BeraniBertanya

  26. RioS July
    RioS July
    5 hari yang lalu

    End of Occupation. Human Right #1♥️

  27. aku manusia
    aku manusia
    5 hari yang lalu

    Menurutku palestine karena dia sebenarnya sering nge-gangguin israel tapi israel tidak menyiarkan kebusukan palestine karna mereka tahu tuhan yesus (tuhannya orang kristen)punya jalan (itu menurutku sih)

  28. ISACC BIN TAN KIEN YAP Moe
    ISACC BIN TAN KIEN YAP Moe
    6 hari yang lalu

    Gw sebagai pendukung palestine ga mau damai karna ISRAHELL itu MUSUHNYA ISLAM

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      4 hari yang lalu

      @Muhammad Fairuz Nabil tapi saya masih melihat mereka berwujud manusia bukan hewan, eh atau anda sendiri yg berhati seperti hewan.

    2. Muhammad Fairuz Nabil
      Muhammad Fairuz Nabil
      4 hari yang lalu

      mereka sudah diselamatkan nabi musa as dari kejaran firaun, tapi mereka masih tidak beriman dan akhirnya allah mengutuk mereka jadi binatang.

    3. Muhammad Fairuz Nabil
      Muhammad Fairuz Nabil
      4 hari yang lalu

      @Alfred Jodl dengar ya,bangsa israel itu adalah bangsa yang tidak punya tanah, mereka dari dulu sejak jaman nabi mereka melawan kepada nabi nabi, sehingga mereka dikutuk Allah karena kemungkaran mereka.

    4. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Haha kemakan hoax media sampah jadi gini. Ini konflik bukan permasalahan agama, tapi masalah perebutan wilayah diantara kedua pihak yg saling claim. Israel memusuhi Islam? Wkwk 20% warga Israel dari 9jt keseluruhan adalah Penganut Islam, hal itu menjadikam Islam sebagai agama terbesar kedua di Israel setelah Yahudi(Yudaisme).

  29. Hai Kal
    Hai Kal
    6 hari yang lalu

    Ternyata agama Islam agama salah orang damai malah pilih kasih negara

  30. Hobby Cooking
    Hobby Cooking
    6 hari yang lalu

    Siapa yang benar ?? YNTKTS 😁 JOK JOK

  31. Gex Arix
    Gex Arix
    6 hari yang lalu

    🇮🇱 Israel Yerusalem Menang Ada Teman 🇦🇩 Andorra Dan 🇧🇬 Bulgaria

  32. D4rkenedskies
    D4rkenedskies
    6 hari yang lalu

    Siapa yang benar? Siapa aja yang gak ikut2an memperparah keadaan.. yang kasian civilian nya, dari Palestina & Israel.. sama2 punya civilian yang di rugikan, Dan jadinya making benci satu sama lain.. 🤦‍♀️

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Emng IDF dan Hamas beban masyarakat, yg perang mereka tapi yg jadi korban warganya sendiri.

  33. {!Jasmine Flower!}
    {!Jasmine Flower!}
    6 hari yang lalu

    "Dua duanya pengen hidup damai aja" Aku : Israel dan Palestina digabung aja buat negara baru... Lalu hidup berdampingan 🙃✨

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Dulu mah begitu bro, Arab dan Yahudi selalu hidup bertoleransi sblm Inggris ngambil alih wilayahnya.

  34. Mohammed Azzam J
    Mohammed Azzam J
    6 hari yang lalu

    Ga perlu bawa bawa agama klo mau bahas beginian, kita tau sndiri mana yang salah dan benar, nyatanya indonesia sdh sering minta perdamaian k pbb bulak balik ttp aja hasilnya nihil. Dalang dr smua masalah ya amerika mau ganti presiden macem obama jg ttp aja israel bakal jajah palestina.

  35. Alferro Dewangga
    Alferro Dewangga
    6 hari yang lalu

    Bang tolong saran gw backsoundnya dikecilkan

  36. Malik Fauzi 4310
    Malik Fauzi 4310
    7 hari yang lalu

    Akbkayyīz nezakuyulūn Palestine

  37. Aldi Setiawan
    Aldi Setiawan
    7 hari yang lalu

    Kitler : andai saja ku tuntaskan genosida

  38. Lukas Andy
    Lukas Andy
    7 hari yang lalu

    1:31 maaf saya ralat min... kronologi dari 1917? di Bibel saja saat Yesus Hidup di Israel hampir semua warga yahudi dan bani Israel lainnya.. sisanya pendatang yunani latin termasuk arab. singkat cerita Nabi Muhammad menang perang badar lalu expansi ke Yerusalem.. tapi yg berhasil mencaplok Israel dari tangan Kekaisaran Romawi adalah Umar bin katthab sejak itulah kekaisaran Ottoman dan Mesir sikut sikutan berebut Wilayah.. Palestina belum lahir jadi negara, hanya nama wilayah negara bagian Jajahan Turki lalu Mesir, Kemudian saat kalah PD 2 Mesir mengembalikan Palestina ke Inggris.. karna Inggris adalah wakil Romawi di era Modern.. Kan awalnya di abad 6 caplok dari tangan romawi jadi kembalikannya ke romawi lagi.., nah romawi modern alias Inggris berbaik hati lalu membiarkan pribumi yahudi kembali ke tanah nenek moyangnya sesuai perjanjian Allah di Alkitab dan Alquran.. disitulah negara2 Arab berang dan mulai menyerang Israel.. padahal berkat yahudi pulang kampung Palestina jadi nama negara,, merdeka di 15 november 1986 . jadi Israel tidak mencaplok Palestina karena saat Israel merdeka Palestina belum lahir... yg salah siapa? Jawabannya HAMAS, HAMAS lah yg menyebabkan wilayah Palestina berkurang karena HAMAS selalu memerangi Israel.. selalu kirim bom roket.. hukum perang apa? yg kalah kasih tanah.. Mirip Mesir kasih Palestina ke Inggris... mirip China kasih Hongkong ke Inggris. begitu min.. yg benar siapa? yg benar Palestina dan Israel... meski warga arab adalah pendatang di abad ke 6.. mereka sudah lama mendiami tanah yahudi.. meski status daerah jajahan Mesir , romawi dan turki. baik yahudi maupun arab berhak atas tanah tsb.. makanya dibikin solusi 2 negara.. 50% 50%.. yahudi negaranya cuman 1.. sempit pula.. arab negaranya banyak... masa kita hanya berkemanusiaan ke arab saja? sedangkan tanah Israel itu pemberian Allah .. Nabi saja tidak berani mencaplok Yerusalem terbukti dengan memindahkan kiblatnya ke Mekkah.. nabi saja ngalah masa kita tidak?

  39. Nikolaus Daniel
    Nikolaus Daniel
    8 hari yang lalu

    Keren.... merinding saya dengar penjelasannya 👍👍👍maaf ga bisa ngetik seribu jempol....takut spam😁😁😁

  40. Ismi Ismi
    Ismi Ismi
    9 hari yang lalu

    ضتسصمتيتثخصغيارطيبنى

  41. ngomong jepang
    ngomong jepang
    9 hari yang lalu

    ya jelasc yahudi yg salah, orang mereka pendatang yg di bawa inggris di th 1950an. terus ngeklaim tanah orang. jangan pura" ga tau lah

    1. Bintang Rigel
      Bintang Rigel
      4 hari yang lalu

      Ga gtu bang, dlu orng Yahudi udh tinggal di Palestina. Tpi semenjak Roma datang, mereka di usir. Abis tuh Roma terpecah, dan yg megang Palestina itu Bizantium. Bizantium di serang oleh Ottoman Empire waktu penaklukan konstantinopel dan mayoritas di Palestina jadi Islam. Setelah ww1, Ottoman kalah dan Inggris ambil kendali Palestina. Krna pembantaian Jerman semasa ww2, Yahudi kembali lagi ke Palestina. Tpi susah sih soalnya ini masalah agama. Gw pengennya Israel dan Palestina bersatu seperti Austri-Hungary sebelum ww1 berakhir

    2. ngomong jepang
      ngomong jepang
      5 hari yang lalu

      @mhmd lanang ya terserah gua bang keluar ato masuk orang komen gu ndiri 😂🤣🤣 mantap bang baca teros aja, dalami dan renungi, nanti bakal tau yang mana yg bener 👌

    3. mhmd lanang
      mhmd lanang
      5 hari yang lalu

      @ngomong jepang tapi saya baca penjelasan dia 🗿 Komen mu Udh keluar topik bang :v

    4. ngomong jepang
      ngomong jepang
      5 hari yang lalu

      @Alfred Jodl capek" nulis ga di baca mwehehehee😂🤣😂🤣🤣

    5. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @ngomong jepang hahah ga punya bahan argumen lagi, bisa²nya orng pemales membaca bisa nyimpulin konflik ini. Ohh jangan bilang dikasih ceramah ama guru ngaji wkwkwk🥴

  42. Nostalgia Kartun Spongebob Squarepants
    Nostalgia Kartun Spongebob Squarepants
    9 hari yang lalu

    Semua adil dalam cinta dan perang ~lupa

  43. Farai Gaming
    Farai Gaming
    10 hari yang lalu

    israel yang salah palestina yang benar

    1. Mike
      Mike
      Hari Yang lalu

      Dek, mau dikirim ke Palestina? Kan bisa jumpshoot. TNI Israel ketar ketir melihat jumpshoot nak epep

    2. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Apanya yg salah? Apanya yg benar? Bisa dijelasin dek?

    3. dont see my PFP Or
      dont see my PFP Or
      6 hari yang lalu

      Semua nya nggak akan terjadi kali inggris nggak datang Dan nggak semua orang israel itu salah ada juga bani israel yang melindungi hak palestina jadi ya

    4. dont see my PFP Or
      dont see my PFP Or
      6 hari yang lalu

      Nggak jadi Inggris yang salah

    5. dont see my PFP Or
      dont see my PFP Or
      6 hari yang lalu

      Dua dua nya salah

  44. akun ini sudh di hapus
    akun ini sudh di hapus
    10 hari yang lalu

    Ooo ni kali israel nyerang lagi gua panggil gang tawuran stm 2 biar mampus

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Halah ketemu IDF juga udh nangis minta tolong ke emakk. Hati² bos Mossad udh berevolusi menjadi tukng bakso juga wkwk

  45. Marsya Tata
    Marsya Tata
    10 hari yang lalu

    Palestina lah aku support palestina

  46. Hai Kal
    Hai Kal
    10 hari yang lalu

    Kmmi udah liha bahwa Palestina itu luka nya itu lukisa biar mereka di bantu kar na ada teman kmi di Palestina dia liat buat Vidic dan ada video nya

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Oh saya ngerti maksud anda "Ada videonya" Itu doang yg saya ngerti

    2. Hai Kal
      Hai Kal
      6 hari yang lalu

      Kami yang benar

  47. Hai Kal
    Hai Kal
    10 hari yang lalu

    Aku dukung degara Yahudi karna di situ negara agama kami protestan kalau mana alah kalian islam

  48. Muhammad Noor Rahim
    Muhammad Noor Rahim
    10 hari yang lalu

    Sebenarnya israel boleh ambil wilayah palestina tapi cara ambilnya itu pakai cara kasar dan kenapa harus palestina udah tau palestina itu wilayahnya kecil

  49. Hery Silvie
    Hery Silvie
    11 hari yang lalu

    wkwkwkkwkw.... finaly... jawabane tetep bingung....

  50. Herry Xu Jr.
    Herry Xu Jr.
    11 hari yang lalu

    Yang salah nazi Jerman, yang cuci tangan kerajaan Inggris, yang jadi korban Rakyat Palestina. Wahyudi memang membagongkan.

  51. Df MR
    Df MR
    11 hari yang lalu

    Mungkin palestina gabakal masalah kalau ada yahudi ibaratnya provinsi maluku bikin negara sendiri itu kan ngerugiin indonesia kalau mau terbang dilangit maluku harus izin dlu lah kalau kesana haruspunya pasport lah ngeribetin dan lagi israel itu mengambil hak hak kemanusiaan mulai melarang adzan masjid al aqsa ditutup dilarang memancing dilaut dll tentu lah itu ngebikin kontrovesial coba aja kalau ga gitu mungkin palestina sama israel damai satu negara

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Emng Israel juga banyak ngelakuin kejahatan perang, tapi sama halnya dengan Hamas. Disni yg jahat tuh pemerintah kedua negara, sama² ngelakuin kejahatan manusia juga: Fuck IDF Fuck Al-Qassam Fuck PM Israel Fuck Hamas Politik lah penyebab perang, warganya lah yg jadi korban....

  52. Danish Hakimi
    Danish Hakimi
    11 hari yang lalu

    Datang seenak jidat ambik tanah palestina

  53. imeel
    imeel
    11 hari yang lalu

    Jawaban siapa yg benar secara tdk langsung telah terjawab di menit ke 4+ video ini (semua konflik "DIKOMPORIN OLEH HASRAT BERKUASA YG MEMBABI BUTA"). So,,siapa kira-kira diantara 2 negara ini yg memiliki hasrat berkuasa yg membabi buta???,,sehingga menimbulkan penindasan dan pembunuhan!!! Terhadap pihak yg satunya. Be Smart!

  54. yaudah  iya
    yaudah iya
    12 hari yang lalu

    Njir ada mikey

  55. Eni Shultan
    Eni Shultan
    12 hari yang lalu

    Palestina pasti menang

    1. dont see my PFP Or
      dont see my PFP Or
      6 hari yang lalu

      Pasti nggak akan ada yang menang

  56. Rizal cing ae
    Rizal cing ae
    12 hari yang lalu

    (6)Episode Perdana] Sejarah Yahudi - Ustadz Adi Hidayat idclone.info/tools/vGqNlcWwgYHQxdQ/video.html [LIVE] Sejarah Lengkap Yahudi Bag. 2 - Ustadz Adi Hidayat idclone.info/tools/x2GHq7uVrJaTtK4/video.html [LIVE] Sejarah Lengkap Yahudi Bag. 3 _ Ustadz Adi Hidayat idclone.info/tools/y4ibY6yRgZXQxa4/video.html Sejarah Yahudi Part #4 : Kisah Nabi Musa As - Ustadz Adi Hidayat idclone.info/tools/mnhnoZnaf6iVsro/video.html

  57. RF.Alexio Kurniawan  Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    RF.Alexio Kurniawan Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    13 hari yang lalu

    Negara duanya yang benar ya kak🗿❓

    1. snek pidio
      snek pidio
      7 hari yang lalu

      yang bener dua negara itu dihilangkan dan diganti dengan negara baru 🗿🗿

  58. RF.Alexio Kurniawan  Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    RF.Alexio Kurniawan Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    13 hari yang lalu

    Harusnya palestina vs israel harus berdamai dari negaranya

  59. RF.Alexio Kurniawan  Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    RF.Alexio Kurniawan Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    13 hari yang lalu

    Kak knp israel dan palestina saling perang perang atau disebut beribut perang perangan oh iya itu kan dalam sejarah ya kak

    1. dont see my PFP Or
      dont see my PFP Or
      6 hari yang lalu

      Tanya sama inggris mereka yang bikin

  60. RF.Alexio Kurniawan  Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    RF.Alexio Kurniawan Daop [1] 🐦🗿 JNG JAKARTA
    13 hari yang lalu

    Yang dr benar agama nya semua negara dunia yang ada didunia bumi kita☺😊🙏👍 itu lah dari darinya dalam sejarahnya sejarah☺😊🙏👍

  61. Romeo Petrik pratama
    Romeo Petrik pratama
    13 hari yang lalu

    Perang telah di mulai Di comment oRRAAA

  62. Chandra Yunus
    Chandra Yunus
    13 hari yang lalu

    Indonesia merupakan negara non blok, jdi berenti mendukung satu sisi pandang...yg dinantikan perdamaian 👍

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @emotial derbit gua lagi ngebahas imigrasi orng Arab Palestina, bkn orng Arab dari negara lain. Dibandingkan menetap di wilayah konflik seperti Gaza atau Yerusalem, lebh baik Menetap Di Israel contohnya Tel-Aviv. Banyak pendatang orng Arab Palestina ke Israel yg rata² pengungsi akibat dampak konflik, mereka memng terkadang mendapatkan diskriminasi dari orng² Yahudi terutama dari pengikut² Zionisme, mereka juga dikelas duakan dengan warga Yahudi, tapi jaminan kualitas hidup msh lbh bagus di Israel sekalipun orng Arab Palestina yg merasakan. Klo maksud anda berimigrasi ke negara Arab lain ya jelas itu lbh baik, tapi saya kan sedang nge compare antara kualitas hidup Israel dan Palestina, bagi kedua pihak yg mau berintegritas.

    2. emotial derbit
      emotial derbit
      5 hari yang lalu

      @Alfred Jodl apaan sih tod , imigrasi orang arab hidup terjamin 🤣🤣🤣🤣🤣tolol itu imigrasi tahun berapa tahun sekarang orang imigrasi hidup dijalanan , mau kerja sama siapa , lu bilang terjamin , yang hidup terjamin itu orang arab yang punya keturunan / orang uea disana hidup terjamin , kalo pun orang arab Palestina migrasi ke Israel pemerintah Israel juga gk ngasih bantuan bego ,,

    3. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @emotial derbit lebh terjamin hidup damai? Gak sepenuhnya salah sih, mungkin itulah knp banyak imigrasi orng Arab Palestina ke Israel karena memiliki kualitas hidup lebh terjamin. tapi lu silahkan tinggal di Yerusalem pemukiman Yahudi, siap² aja jamban lu jadi sasaran Rudal Hamas atau nggak siap² lagi belanja ke pasar kena bom bunuh diri🤓👍 Dan POV Pemukiman Palestina, siap² lu kena rampasan wilayah dan hujan rudal yg lebh canggih dari IDF atau nggak tercyduk Mossad+disiksa ama Mossad gara2 tertuduh partnernya Hamas 🥴. Keduanya sama² ngelakuin kejahatan perang, Sudh waktunya Sunda empire ngasih sanksi keras untuk kedua negara, terutama IDF dan Al-Qassam

    4. emotial derbit
      emotial derbit
      11 hari yang lalu

      @Chandra Yunus tapi yang jelas yahudi menjajah , karena disana mereka mendapatkan bom , rumah hancur , sholat di masjid yang harusnya boleh berdampingan dengan orang-orang jewish , malah sepenuhnya milik orang jewish,, yang jelas Palestina lebih membutuhkan hak kemanusiaan ,, nyatanya yang di Israel hidup lebih terjamin oleh orang barat

    5. Chandra Yunus
      Chandra Yunus
      11 hari yang lalu

      @emotial derbit btw emang di pihak Israel gak ada manusia yg tewas? Sdh lh jgn klo mau melihat kemanusiaan jg pandang golongan ras, etnis, atau AGAMA... perdamaian di atas semuanya, jgn jdi kompor yg meledak oke

  63. しうかちゃん
    しうかちゃん
    13 hari yang lalu

    Yg kebanyakan org indo gak tau adalah bahwa org palestina juga sering menyerang israel. Pertengkaran mereka 2 pihak. Tp org indo jarang buka berita dr luar. Cb deh buka instagramnya hnaftali. Banyak berita yg sampai ke indo itu disaring hingga seolah2 palestina tidak berulah pdhl kebanyakan penyerangn yg dilakukan israel jg krn org palestina yg menyerang mereka pula. Jd sebelumnya israel itu adl tanah org yahudi (di video gak lengkp). Sebelum itu yahudi adalah kumpulan bangsa tp tdk membentuk negara. Yerusalem pun dl kerajaan sendiri sebelum akhirnya direbut mesir dgn perang. Dan kalau mau bahas lengkap lg panjang dah cari sendiri aja kalau rajin tp jangan di artikel indo. U know media kita bikin apa2 yg penting disukai mayoritas udah. Ky video ini jg aku kecewa. Knp ga kasih tau alasan israel ingin pulang ke tanah itu (tanah nenek moyang). Bagaimanapun semua bangsa yahudi adalah keturunan langsung nabi Abraham, dandaerah itu dl memang tanah 12 suku israel. Tporg filistinjg dh tinggal disitu sblm israel akhirnya ngeklaim. Kalau mau netral harus tilik lebih dalam lagi. Sekian.

  64. kiel nanaq
    kiel nanaq
    13 hari yang lalu

    solutionnya.. indonesia dan malaysia harus diam. bukan menumpahkan bensin d tengah2 peperangan. dalam islam selagi yahudi dan kristen belum lenyap d dunia, islam tidak akan pernah diam. bagi yahudi dan kristen pula, mereka percaya tanah itu tanah perjanjian sesuai dalam kitab suci. mau cakap tentang penjajahan. penjajahan itu ada di mana2. sebelum meredekanya israel, mereka di jajah berkali kali sampai mendapat pengiktirafan antarabangsa isreal adalah sebuah negara. lain ceritanya dengan palestine. mereka mau merdeka.. akan tetapi belum memenuhi syarat2 tertentu daripada pihak PBB. jadi menurut perspective saya..palistine itu salah. kalau belum jadi negara, jangan kacau wilayah yang sudah menjadi negara. senang cerita otak itu pakai kalau memang ada otak.

    1. kiel nanaq
      kiel nanaq
      5 hari yang lalu

      @Alfred Jodl otak tu pakai..

    2. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Kalo mau nemu solusi, jangan pake perspektif agama. Disini ga akan ada persetujuan jika solusinya hanya menguntungkan satu pihak, apalagi dari pandangan agama sepihak saja. Klo mau objektif pun jangan ambil pandangan dari agama yg penuh doktrin dan dogma.

    3. mzl 82
      mzl 82
      8 hari yang lalu

      @kiel nanaq serah dh

    4. kiel nanaq
      kiel nanaq
      8 hari yang lalu

      @mzl 82 otak

    5. mzl 82
      mzl 82
      8 hari yang lalu

      Semuanya itu berbeda bro Di kitab lo nunjukin Israel benar Tapi klo di islam menjelaskan Palestina yg benar

  65. agung pribadi
    agung pribadi
    13 hari yang lalu

    Bagi dua aja 😂😂😂😂

  66. NIGHT  FF
    NIGHT FF
    13 hari yang lalu

    Kita siram kuah bakso aja israel

  67. mas Khalish Banuwisesa
    mas Khalish Banuwisesa
    14 hari yang lalu

    Palestina yang enak ❤️❤️ dari SMK plus sabilur Rosyad INDONESIA

    1. Shabrina Jacob
      Shabrina Jacob
      5 hari yang lalu

      @Marsya Tata pasti klo kita bersatu palestina dan israel juga bersatu

    2. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @Marsya Tata kata siapa? Berarti Jokowi mendukung diskriminasi terhadap orng Yahudi? wkwk bisa diancem PBB dan organisasi HAM, dipaksa mundur dari jabatan ntarr...

    3. Shabrina Jacob
      Shabrina Jacob
      5 hari yang lalu

      @Marsya Tata terserah

    4. Marsya Tata
      Marsya Tata
      5 hari yang lalu

      @Shabrina Jacob tapi itu untuk kamu menyukai kedua duanya. Aku masih pilih palestina :)

    5. Shabrina Jacob
      Shabrina Jacob
      5 hari yang lalu

      @Marsya Tata udah kita damai aja kita saling dukung dua dua nya ok

  68. Adenta Riski
    Adenta Riski
    14 hari yang lalu

    Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata, 'Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia'. Kecuali (pohon) gharqad karena ia adalah pohon Yahudi."

  69. Ahsin Rizal
    Ahsin Rizal
    14 hari yang lalu

    Israel itu penjajah

    1. Romeo Petrik pratama
      Romeo Petrik pratama
      13 hari yang lalu

      IKUTAN ORG LAIN PADAHAL YANG MULAI INGGIRS

  70. Rizki Aditya
    Rizki Aditya
    14 hari yang lalu

    Klo klian semua bilang konflik Israel Palestina gaada kaitannya sama agama, coba dateng ke pengajian terdekat dirunah kalian. Atau bisa nonton channel yt felix siaw tentang ini, insya Allah kalian kalian terbuka pola pikirnya mengenai hal ini

    1. Mike
      Mike
      Hari Yang lalu

      Banyak muslim yang dukung Israel dan banyak yahudi yang dukung palestina. Banyak muslim yang gabung IDF. Sudah jelas ini konflik Tanah bukan agama

  71. Arfan
    Arfan
    14 hari yang lalu

    Dimasa Khalifah Umar sudah terjawab semua bahwa tanah itu ditaklukan Islam dari beberapa suku yang tinggal di daerah itu, dan Khalifah Umar memberikan tempat yang layak bagi orang-orang Yahudi dan suku lainnya untuk tetap hidup dan tinggal disitu. Tapi makin kesini ya makin pura pura budek, padahal dulu seandainya Khalifah Umar mau habislah mereka saat itu.

  72. Fransischa Aina
    Fransischa Aina
    15 hari yang lalu

    Yg benar sdh jelas palestina...zionis tdk bs dibenarkan dg alasan apapun. Sejarah harus diluruskan agar tau duduk persoalan..disitu sangat jelas zionislah berperan sebagai penjajah yg berpura-pura didzolimi

  73. Agung S
    Agung S
    15 hari yang lalu

    Dengan pertimbangan 'KEHIDUPAN' LEBIH berharga dari apapun sekali pun tanah ,agama, kelompokdan golongan,MENGALAH adalah jawabannya! Ayolahhh.kan ada aturan mainnya.ada hukum internasional (dunia).kalo anda tidak mampu,jangan memaksakan.karna akan lebih banyak penderita an.dan MUSTAHIL adanya 'DAMAI'. DENGAN MENGALAH,Dangan harapan Kpd 'TUHAN' gak ada salahnya kan?!.tohhh anda mempercayai 'TUHAN(ALLAH SWT)'. Tuhan mana yang membiarkan 'umat'Nya mati hanya karena Tanah,maupun 'agama'.???apakah 'Tuhan' sendiri membiarkan 'KEMULIAANNYA' di permainkan?????

  74. Victoryan Nation
    Victoryan Nation
    15 hari yang lalu

    2:28 Ada Mikey Gak?😂

  75. Haize Ch. ハイゼ Ⓥ
    Haize Ch. ハイゼ Ⓥ
    15 hari yang lalu

    KEQINGG........... KEEEQIIING KEEQIING KEEEEEEEGIIIIIING AAAAAAAAA

  76. Budi
    Budi
    16 hari yang lalu

    Org palestina asli sudah gak ada lagi (musnah). Yg menempati tanah palestina saat ini baik org yahudi maupun org arab sama2 penjajah yg dtg melalui penjajahan. Sebelum arab dtg menjajah, israel sudah terlebih dahulu menjajah wilayah itu. Jadi biarkan saja sesama penjajah saling gontok2an. Indonesia sebaiknya ambil posisi netral bukan dukung salah satu pihak penjajah. Btw, bagi orang timor leste indonesia juga dulu penjajah diwilayah mrk. Jadi Indonesia juga jgn munafik.

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Wkwkw saya kesadaran ini. koar² ke bangsa Barat suka ngejajah negara orng sampe ngekolonisasi banyak wilayah, ehh taunya negara sendiri pernah ngejajah negara orng🤣😂 kEmErDeKaAn iTu iaLaH hAk SeGaLA bAnGsA, uNtUk iTu pEnjAjAhAn hArUs d1HaPuSkAn.....

    2. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Munafik Bro, padahal Banyak daerah yang merasa terjajah juga. Misal aja RMS, Aceh, Dll. Mereka juga merasa terjajah

  77. MUHAMMAD ALIFF HAQIMI HARIS FADILAH
    MUHAMMAD ALIFF HAQIMI HARIS FADILAH
    16 hari yang lalu

    Palestina yang benar

  78. Mukhlisa Restiani
    Mukhlisa Restiani
    16 hari yang lalu

    karna pengusiran bangsa israel oleh nazi eropa maka mereka meminta perlindungan ke palestina,lalu palestina mempersilahkan mereka tinggal disana ternyata mereka semua orang yahudi berkumpul di suatu daerah di palestina karna mereka didukung oleh amerika mereka mulai merebut daerah satu per satu hingga sekarang daerah mereka lebih luas dari palestina

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Baca lagi sejarah, bukan begitu awal mulanya😃

  79. KUN PREMIUM
    KUN PREMIUM
    16 hari yang lalu

    Karena mereka tidak mau saling berbagi

  80. payo koi
    payo koi
    17 hari yang lalu

    selamat idul adha

  81. moch allawie
    moch allawie
    17 hari yang lalu

    🇵🇸💩😭

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      nEgArA pAl1nG tOlErAnS1😱😱😱

  82. bunda maswiyah
    bunda maswiyah
    17 hari yang lalu

    Bangku dia bukan anuin wilayahnya Masjidil Aqsa

  83. Maliqi putra Saptiawan
    Maliqi putra Saptiawan
    17 hari yang lalu

    3:37 GWS wahai admin🤣🤣🤣🤣

  84. Olis Olis
    Olis Olis
    17 hari yang lalu

    Udh boleh perang?

  85. Muhd amirul hidayat
    Muhd amirul hidayat
    17 hari yang lalu

    4.24 : dikomporin sama hasrat berkuasa yang membantu tapi bikin content enggak percaya sama teori konspirasi harus ingat ISRAEL itu YAHUDI

    1. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Dia netral, dia gak rasis ke Yahudi, atau ke Palestina

  86. [HANNAN] ading RF DAOP1 JKT jng & tebet :)🔧
    [HANNAN] ading RF DAOP1 JKT jng & tebet :)🔧
    17 hari yang lalu

    Masjidil aqso itu Nabi Muhammad SAW. Menerima perintah sholat oleh Allah SWT. Dan israel kenapa ngebom masjidil aqso tempat Nabi Muhammad SAW. Menerima perintah sholat itu disebut peristiwa isro mi'roj 🖕🖕🖕tuh buat Israel

  87. Rizky Aprilian
    Rizky Aprilian
    18 hari yang lalu

    Kok ada yg dislike ya

    1. 9F - Alfito Asmor 04
      9F - Alfito Asmor 04
      17 hari yang lalu

      bot IDclone la

  88. Keluarga syaqila official
    Keluarga syaqila official
    18 hari yang lalu

    Coba deh buka lagi sejarah umar ibnu khattab saat mengambil kunci baitul maqdis

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @9F - Alfito Asmor 04 mau gimana viewersnya lumayan banyak 600rb+, pasti orng² agamis menyerang. tau sendiri kan warga Indonesia, ga bahas agama ga makan

    2. 9F - Alfito Asmor 04
      9F - Alfito Asmor 04
      17 hari yang lalu

      orang udh ngejelasin tanpa bawa agama malah bawa masukan agama hyuh

  89. Donie doory 2.0
    Donie doory 2.0
    18 hari yang lalu

    sebenernya bisa selesai kalau kedua belah pihak saling ngertiin dan mau damai

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @Budi nah itu fakta yg sering dilupakan 🥴 Aneh aja yg ngajak berperang duluan siapa, giliran kalah ngakunya terdzolimi sampe ngefitnah Amerika wkwkw

    2. Budi
      Budi
      16 hari yang lalu

      Sebenarnya bisa selesai kalau dari awal arab palestina mau menerima solusi 2 negara dan batas wilayah yg ditawarkan PBB. Masalahnya arab palestina nolak, yg menerima hny pihak israel. Hingga akhirnya pecah perang israel arab yg dimenangkam israel dan otomatis menambah wilayah israel.

  90. ???
    ???
    18 hari yang lalu

    Ternyata Di Sini.Perang Dunia 3 Udh Mulai

  91. hery imansyah
    hery imansyah
    18 hari yang lalu

    Sok waelah

  92. Wah Yono
    Wah Yono
    18 hari yang lalu

    Kalo cuma ingin hidup tenang kenapa tidak bikin negara dibarat? Malah ditimur tengah🙈

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Kata siapa ahhh? Negara² Balkan pecahan Yugoslavia aja mash tegang semua status hubungannya wkwkwk

    2. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Disemua wilayah tentu ada konflik. Mau di timur Tengah, Eropa, Timur Jauh. Konflik antar negara itu wajar, cuma ini gak kelar kelar

  93. Ofeleon Moreno
    Ofeleon Moreno
    18 hari yang lalu

    Kalo aku netral, kenapa? Mereka berdua gak betul menurutku, pemerintah Israel terlalu egois sampai memakan warga Palestine. Lalu Palestine juga gak betul menurutku karena Hamas (tentara Palestina sendiri), hamas menggunakan sistem yang namanya "Human Shield" Singkatnya, human shield itu menggunakan warga sebagai perlindungan. Bagi yg bertanya apakah Palestine itu melakukan perlawanan? Jelas iya, Palestine menggunakan missile dari sekolah yg ada di Palestine (Human shield) setelah itu setelah missile ditembakkan, itu tidak berdampak apa" Kepada Israel karena "Iron Dome", kalian cari tau sendiri apa itu Iron Dome. Jadi, kesimpulannya gw itu netral, gw dukung anak" Yg ada di Palestine, bukan secara agama.

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      @Arivianto Indra Prastomo dari segi kualitas rudal jelas IDF jauh lebh baik, Tapi siap² kali ini PBB dan Bapaknya (Mamarika) udh ga bisa negebela, Rusia dan China pasti bertindak sebagai oposisi diplomasi AS, mereka bakal menuntut dan mendesak semua negara untuk ngasih sanksi sampai pernyataan perang yg diawali resolusi PBB ke Israel. Jelas malah blunder Israel, ckup Koalisi Arab aja yg suka blunder😁

    2. Ofeleon Moreno
      Ofeleon Moreno
      15 hari yang lalu

      @Arivianto Indra Prastomo meledak besar"an

    3. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Andai di balik, Israel yang menyerang Palestina pakai 3000 an Roket, apa yang terjadi?

  94. GA TAU
    GA TAU
    18 hari yang lalu

    3:13 Mikey bukan tikus woy

  95. Linda Lestari
    Linda Lestari
    19 hari yang lalu

    ☺☺☺☺☺

  96. Muhammad Raziq Hanan
    Muhammad Raziq Hanan
    19 hari yang lalu

    Islam✌️

  97. Rudi Yanto
    Rudi Yanto
    19 hari yang lalu

    Palestina

  98. bon bon
    bon bon
    19 hari yang lalu

    Konflik palestin n israel (agama)salah satu faktor perang masih terjadi. Ingat Dijaman Nabi perang itu. Meluruskan akidah/agama.. Sampai kiamat agama/akidah akan menjadi faktor perang itu berkecamuk..dan akhirnya Dunia akan dikuasai agama Yg diridhoi Allah yaitu ISLAM..

    1. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Agama Yahudi juga Tuhan-Nya Allah

  99. Nedwin L.H.
    Nedwin L.H.
    19 hari yang lalu

    Ciri Kobi: Judulnya selalu tidak menyediakan jawaban, tetapi dikembalikan lagi ke pemirsa dan kesimpulan di akhir bersifat normatif. 🙏

    1. Alfred Jodl
      Alfred Jodl
      5 hari yang lalu

      Baguslah objektif yg ditayangkan, simpen ke diri sendiri aja untuk perspektif masing².

    2. Arivianto Indra Prastomo
      Arivianto Indra Prastomo
      15 hari yang lalu

      Dia gak mau disalahin, gw rasa mungkin dia punya jawaban, cuma kalau dia menjawab disini ya malah bikin kericuhan